Wednesday, June 13, 2012

Sepeda Roda Dua: Prologue

Gue seneng banget waktu beli sepeda dan inilah awal mula kisahnya. Jarak kampus ke kosan gue sekitar 20-30 menit kalo jalan kaki. Tergantung jalan kakinya kecepatannya kayak apaan. Kalo kayak orang kebelet beol, bisa 20 menit. Kalo kayak orang yang lagi leha-leha, ya paling 30 menit-an. Nah, selain jalan kaki, bisa juga ke kampus pake bus. Bus-nya dateng tiap 30 menit sekali. Lumanyunlah ya, kalopun kelewat, nunggu setengah jam sambil ngecengin abang-abang supir truk yang lewat ya gak masalah. Kecuali kalo buru-buru, e.g. kebelet beol apalagi kalo lagi diare. Merana itu namanya.

Ok, jadi itu sekilas tentang settingan situasi per-commuter-an gue saat ini. Opsi yang ada adalah antara jalan kaki atau naik bus. Atau nebeng orang kalo kebetulan lagi hoki. Lalu, bagaimana rumusan permasalahannya?

Begini, gue orangnya swusssah banget buat bangun pagi. Beneran gak rela gue kalo mesti bangun pagi-pagi. Ditambah, gue juga susah buat dibangunin. Sampe-sampe si pacar aja, yang dulu selalu nelponin gue pas subuh buat bangun, akhirnya menyerah. Dulu waktu masih awal-awal pacaran sih masih bangun gue. Gimana ya, jaga image gitu lho, biar gak keliatan malesnya. Kalo si pacar nelpon subuh-subuh, dengan susah payah akan gue jawab. Gue atur suara dulu (biar kedengeran imut & gak cempreng) terus bilang, "iya ini udah bangun. makasih ya," terus abis itu tidur lagi deh gue. Makin kesini, makin gak peduli image gue. Keliatan proses degradasinya. Pas udah mulai luntur rasa jaimnya, kalo ditelpon subuh-subuh sama si pacar, masih tetep gue jawab, tapi nada suaranya nada suara khas orang yang annoyed kalo dibangunin. Setengah tereak setengah males gue bilangnya "iye iye ini bangun bangun," terus lanjut tidur. Kemudian, saat segala rasa jaim itu perlahan sirna, gue mulai gak pernah jawab telpon si pacar pas subuh-subuh. Biar deh keliatan malesnya. Biasanya si pacar bakal telpon berkali-kali. Alhasil, biasanya range missed calls di layar hape gue adalah 6-15 missed call. Gak bo'ong. Kasian ya si pacar. Tega ya gue. Kalo sekarang? Si pacar gak pernah telpon buat bangunin lagi, kecuali kalo emang ada permintaan khusus dari gue (misal karena gue ada acara pagi-pagi jadi mesti wajib kudu bangun pagi gak boleh gak). Kapok ternyata si pacar dicuekin mulu sama gue.

Jalan manapun (= anyway), balik lagi ke cerita sepeda.

Maka daripada itu, permasalahan utamanya sebenernya karena gue males bangun pagi itulah. Waktu semester pertama sih gue masih bisa manage, soalnya kelas paling pagi itu jam 9:30 am. Gue biasanya bakal menunda-nunda bangun dan beneran meleknya itu jam 8:40 am. Tentu saja gue gak mandi, cuma sikat gigi dan cuci muka seperlunya. Lalu berlari ke bus stop biar bisa kekejar bus yang jam 9:00 am. Gue masih bisa accept tuh bangun jam 8:40 am dan tanpa mandi (secara waktu itu lagi fall & winter jadi dingin parah, kalo gak mandi pun tak masalah) berangkat ke kampus. Another thing tentang kalo pas fall and mostly untuk winter adalah kalo mau jalan pun rasanya ogah-ogahan karena dingin uuuy. Ditambah kalo mulai ada salju. Iya sih awalnya excited gimana gitu liat salju, tapi terus aftermath-nya itu yang bikin jalan kaki serasa ampun-ampunan.

Beralih ke semester berikutnya. Disinilah segala hal mulai berubah (sok dramatis). Di semester ini, kelas gue yang paling pagi jam 8:30 dong. Bayangkan, biasanya gue bangun jam 8:40, ini sekarang 8:30 udah harus dikelas, siap mengikuti perkuliahan dengan seksama. Bergelutlah gue disini dengan kemalasan gue. Ada saat-saat dimana gue mampu untuk membuka mata dan memaksakan diri untuk bangun jam 7:40 untuk bisa mengejar bus yang jam 8:00. Tapi di saat-saat yang lain, gue akan bangun jam 8:00, causing me to have to accept that I missed the bus dan alhasil mesti jalan kaki setengah lari sprint buat ke kampus.

Kan capek tuh lama-lama tiap pagi olahraga kaget mulu.

Kemudian, muncullah ide cemerlang untuk membeli sepeda. Moreover, waktu it salju udah mulai lenyap, suhu mulai agak menghangat (meskipun masih dingin & anginnya itu lho brrrrr), dan tampaknya situasi dan kondisinya cukup feasible untuk menggunakan sepeda dalam kegiatan per-commuter-an gue.

Jadilah gue memutuskan untuk membeli sepeda.

No comments:

Post a Comment