Friday, November 2, 2012

Tebak-tebak Bahasa

Salah satu hal yang gue suka dari kampus gue di sini adalah jumlah mahasiswa internasionalnya yang cukup tinggi. Waktu dulu pertama tau kalo bakal ke universitas ini, gue gak kebayang kalo ternyata akan seberagam ini.

Sebelumnya, perlu gue jelaskan bahwa istilah "international student" digunakan untuk menyebut mahasiswa-mahasiswa yang bukan warga negara US. Jadi ya mahasiswa-mahasiswa dari negara lain yang merantau untuk menempuh pendidikan di US akan disebut sebagai international student.

Iya sih, mayoritas mahasiswa internasional disini adalah mahasiswa dari Cina dan India. Kalo misal dateng ke  sini, kadang suka gak berasa kalo lagi di US, secara seringkali dikelilingi oleh bahasa-bahasa campur aduk, kebanyakan ya Mandarin dan Hindi.

Contohnya di ruangan gue. Tahun lalu di ruangan itu orang-orangnya bisa dikatakan diverse, ada dari mana aja. Tapi kemudian sebagian besar dari mereka pada lulus dan meja mereka pun ditempati oleh mahasiswa baru. Kebetulan saja mahasiswa baru yang menempati office sekarang semuanya dari Cina. Gak bo'ong. Jadi sering banget (atau selalu?) gue mendapati berada di dalam posisi dimana mereka-mereka berbincang dalam bahasa Cina sementara gue cuma manggut-manggut melongo.

Hal lain tentang hidup di lingkungan seperti ini yang seru buat gue yaitu gue merasa kalo gue jadi belajar banyak hal tentang hal-hal yang gak gue ketahui sebelumnya. Pernah dulu suatu saat gue diundang ke semacam gathering gitu. Nah yang diundang rata-rata mahasiswa internasional. Ngobrollah gue dengan mereka-mereka. Ada satu orang yang waktu gue tanya dia asalanya darimana, dia menjawab kalo dia dari Benin. Gue sebagai seseorang yang kurang pergaulan dan pengetahuan umum pun kemudian merespon dengan, "Sorry, where?" yang dijawab kembali oleh dia dengan "Benin,". Keliatan kali ya kalo gue gak tau itu dimana, jadinya dia mengeluarkan hapenya lalu membuka peta. Dia nunjukin dimana Benin itu. Saat itu gue antara malu dan bahagia. Malu karena gue gak tau dimana Benin itu dan bahagia karena sekarang gue tau dimana Benin itu. Btw, Benin itu terletak di bagian tengah benua Afrika, berbatasan dengan Togo, Burkina Faso, Niger, dan Nigeria (inget, Niger dan Nigeria adalah dua negara yang berbeda).

Balik lagi ke masalah bahasa tadi, gue pengen cerita kenapa title post nya seperti yang tercantum di atas. Alasannya adalah karena saat ini gue lagi makan, sendirian (kasian yah), dan di meja sebelah gue ada semacam rombongan gitu. Dari tampang mereka, mereka sepertinya dari wilayah Asia Timur. Dari bahasa yang mereka gunakan, gue menebak-nebak kalo mereka dari Korea Selatan. Tapi gak tau juga ya, mesti giat melatih kembali pengetahuan dasar tentang bahasa-bahasa di dunia lagi nih gue. Just FYI, I like learning languages, including local ones within a region or country.

Gue juga ada kisah bagaimana orang sering salah menebak asal gue darimana. Tapi itu beda lagi ceritanya. Nanti lagi deh gue ceritakan (kalo inget haha).

Stay curious!


No comments:

Post a Comment