Thursday, November 1, 2012

Mulai Dingin

Gak percaya gue kalo udah November aja (yang baku itu Nopember apa November sih?). Gak kerasa banget setahun hampir berlalu. Tanpa bermaksud bernostalgia, rasanya baru aja gue melewati tahun baru 2012 bersama sekelompok kawan-kawan nan ceria di sini. Eh sekarang udah tinggal 2 bulan lagi menuju tahun 2013.

Bulan November berarti bulan dimana hawa-hawanya mulai dingin. Belum, belum dingin mencekam. Masih cukup di dingin aja. Sedingin apa kau tanya? Kalo pagi bisa dingin banget sampe cuma 1 digit celcius. Siangan dikit agak mulai naik ke belasan celcius. Sore menjelang malem tergantung, kadang suka balik ke 1 digit, kadang tetep di belasan. Moody-an emang cuaca disini.

Saking nggak ngehnya terhadap perubahan bulan dan hari, waktu awal-awal mulai dingin gue agak-agak kaget gimana gitu. Soalnya baru aja rasanya mengalami musim panas yang luar biasa panasnya, eh kok tau-tau tiba-tiba jadi dingin begini. Transisinya tahun ini gak begitu gue rasakan. Mungkin karena gue lagi banyak pikiran kali yah (halah sok sibuk).

Satu lagi yang gue rada gak nyadar taun ini adalah perubahan warna dedaunan. Tahun lalu soalnya gue semangat banget nungguin daun berubah warna. Jadinya ditongkrongin deh tuh tiap hari. Foto-fotoin daun-daun sama pohon-pohon. Norak emang, maklum, secara sebelumnya gak pernah liat daun rontok secara massal.

Nah tahun ini rasanya kok pas gue lirik pemandangan sekitar, daunnya udah pada nggak ada. Kan kecewa hati jadinya. Gak sempet foto-foto norak-norak bergembira kayak tahun lalu. Ada sih ini satu foto, tapi ini juga hasil jepretan hape, ala kadarnya. Tahun lalu kan siap sigap sedia pake kamera beneran fotonya.

Daun-daun telah berguguran
Lumayanlah seenggaknya ada fotonya taun ini. Tuh keliatan kan ya daunnya kuning-kuning semerbak gimana gitu. Ada juga lho yang daunnya berubahnya jadi merah. Cakep deh (kayak gue). Sayang gak ketangkep lensa.

Hal lain yang lagi kepikiran sama gue terkait cuaca adalah bakal menjadi seberapa dingin nanti disini. Tahun lalu itu ya, buat gue udah dingin pol. Tapi nyatanya tahun lalu itu nggak ada apa-apanya. Kata mereka-mereka yang udah lama di daerah sini, tahun lalu itu gak bisa disebut winter saking mild-nya dinginnya. Waks gimana jadinya kalo tahun ini winter yang sesungguhnya datang kembali? Dalam lautan selimutpun kayaknya gue akan tetap membeku. Tolong sampaikan salam cintaku pada kedua orang tuaku jika selama musim dingin nanti tak ada kabar dariku.

Bagaimanapun juga, gue masih merasa takjub akan peristiwa perubahan musim. Luar biasa ya sungguh bagaimana perubahan cuaca itu bisa terjadi dengan sendirinya. Gue baru mulai mengerti kenapa prakiraan cuaca itu begitu penting ya pas awal-awal baru nyampe sini. Apalagi pas musim-musim transisi dari dingin ke panas atau panas ke dingin. Contoh, kalopun matahari bersinar dengan terang benderang, jangan berasumsi kalo di luar hangat. Sering banget tuh dulu gue ketipu. Bangun pagi-pagi seger liat matahari cerah. Dalam hati udah "asik nih anget,". Ealah pas begitu buka pintu alamakjan dingin pun.

Yang paling nggak enak ya kalo jadinya saltum. Udah mikirnya hari itu bakal panas, jadinya pake baju yang rada tipis terus gak pake jaket. Yasudahlah kedinginan. Atau sebaliknya, keliatannya bakal dingin hari itu jadinya pake baju berlapis-lapis. Eh taunya panas. Yasudahlah sauna.

Maka daripada itu, sodara-sodara sekalian jangan lupa untuk selalu cek prakiraan cuaca untuk hari itu sebelum berangkat.

Salam mulai dingin,
Ninta

No comments:

Post a Comment